Study
Empiris merupakan kegiatan rutin yang
dilaksanakan setiap tahun dan anak-anak menyebutnya dengan nama SE. Untuk
kegiatan SE tahun ini kita memilih tempat ke peternakan tawon tepatnya di rimba
tawon lawang.
Kegiatan
SE ini diikuti oleh seluruh siswa MTs Surya Buana mulai dari kelas 7 sampai
dengan kelas 9, begitupun seluruh guru dan karyawan ikut mendampingi anak-anak.
Pilihan Rimba tawon dan Taman Safari bukan tidak beralasan, kedua tempat
tersebut bernuansa edukatif rekreatif. Tepatnya tanggal 01 Pebruari 2012 Pukul
07.30 seluruh siswa dan guru/karyawan MTs Surya Buana berangkat dari Jl. Ijen
Malang menuju Rimba Tawon Lawang dan Taman Safari Indonesia II.
Rombongan
MTs Surya Buana sebanyak 4 Bus sampai di Rimba Tawon Pukul 08.00. Sambutan
langsung diberikan oleh pihak pengelola Rimba Tawon, Rombongan MTs SB
dipersilahkan menuju aula terbuka. Penjelasan diawali dari sejarah berdirinya
rimba tawon, kemudian dilanjutkan pada cara mengembangbiakkan tawon, cara memanen
madunya, jenis tawon yang dikembangbiakkan, pemasarannya, khasiat/manfaat madu,
juga dijelaskan cara mendeteksi madu asli dan madu palsu.
Banyak
manfaat yang diperoleh dari kegiatan tersebut. Siswa bisa melihat secara
langsung bagaimana tawon/lebah itu memproduksi madu. Kalau selama ini
pembelajaran di kelas hanya bersifat teoritis melalui kegiatan ini siswa bisa
observasi langsung hal-hal yang berkaitan dengan tawon/lebah dan madu. Melalui
kegiatan seperti ini diharapkan ada tindak lanjut berupa research tentang
lebah dan madu untuk kemudian dikembangkan menjadi Penelitian Ilmiah.
Tempat
selanjutnya yang dikunjungi adalah Taman Safari Indonesia II. Disini siswa bisa
melihat secara langsung habitat hewan sesuai dengan benua masing-masing. Ada
hewan kawasan Asia, Kawasan Amerika, Eropa dan sebagainya. Siswa observasi
langsung terkait dengan jenis-jenis hewan yang ada. Selain itu disuguhkan juga
pertunjukan tentang bahaya global warming. Sehingga siswa mempunyai pemahaman
yang kuat bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga bumi, tidak
melakukan penebangan secara liar, sehingga bumi kita terselamatkan dari bahaya global
warming.
Setelah SE
selesai siswa diminta untuk membuat laporan secara tertulis dalam bentuk karya
tulis ilmiah berkaitan dengan pengalaman dan observasi yang sudah dilakukan di
kedua tempat tersebut.(ar)